Sedikit Kebaikan Berdampak Besar

Menerima Yang Ditolak
05/11/2020
Belas Kasihan Atas Jiwa-Jiwa
07/11/2020

Sedikit Kebaikan Berdampak Besar

“Anak-anakku, marilah kita mengasihi bukan dengan perkataan atau dengan lidah, tetapi dengan perbuatan dan dalam kebenaran.” (1 Yohanes 3:18)

Bacaan : 1 Yohanes 3:18

Allan Emery, tidak hanya sukses dalam usahanya tetapi juga telah memberikan banyak waktunya untuk memimpin banyak organisasi Kristen. Ia juga orang yang sangat dihormati karena kecerdasan dan kebaikannya. Semua itu karena teladan sang ayah. Salah satunya adalah ketika mereka sekeluarga melakukan perjalanan dengan kereta api. Ayahnya berkomentar ketika melihat seorang tukang angkat barang sedang kesakitan dan berjalan pincang. Setelahnya, Allan terkejut melihat si tukang angkat barang keluar dari kereta tidur orang tuanya. Ada kesedihan di wajahnya. Ia menutupi wajahnya dengan tangan dan menangis. Allan bertanya, “Apakah Anda menangis karena jari kaki Anda sakit?”.

“Bukan”, kata pria itu. “Ini semua karena ayahmu”. Ternyata setelah makan pagi, ayah Allan mendekati si tukang angkat barang dan menanyakan keadaan jari kakinya. Ayahnya menjelaskan bahwa ia bukanlah dokter, tetapi ia mungkin dapat membantu pria itu. Ia melepaskan sepatu dan kaos kaki pria itu, dengan hati-hati menusuk jari kaki yang terinfeksi, membersihkannya, dan kemudian membalutnya. “Sekarang sudah tidak sakit lagi”, kata sang pria itu. “Saya baik-baik saja”.

“Lalu mengapa Anda menangis?”. “Yah… Ketika sedang membalut jari kaki saya, ayahmu bertanya apakah saya mengasihi Tuhan Yesus. Saya berkata bahwa ibu saya mengasihi Yesus tetapi saya tidak percaya. Ketika saya melihat ayahmu dengan hati-hati membalut kaki saya, saya melihat kasih Yesus, dan saya tahu bahwa saya dapat mempercayainya. Kami berlutut dan berdoa, dan sekarang, saya tahu bahwa saya berarti bagi Yesus dan bahwa Ia mengasihi saya”. Sambil mengatakan hal itu, si tukang angkat barang pun meledak dalam tangis. Ketika isakan tangisnya sudah mereda, ia melihat ke arah Allan dan berkata, “Tahukah kamu, bahwa kebaikan dapat membuat kamu menangis”.

Dunia masa kini masih dipenuhi orang-orang yang bermasalah dan terluka yang membutuhkan perhatian Juruselamat yang penuh kasih. Biarlah kebaikan yang kita tabur sebagai orang-orang yang telah menerima belas kasihan Allah, kita lakukan bukan dengan perkataan atau dengan lidah semata, tetapi dengan perbuatan dan dalam kebenaran sehingga kita dapat menjangkau mereka bagi Tuhan. (Bo@)

“Kasih Sejati Bukan Hanya Ada Di Hati Atau Mulut, Tetapi Dinyatakan Melalui Tindakan Dan Dalam Kebenaran”